Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Memperpendek & Berbagi URL Sbuah Situs

Bisa dipastikan, hampir semua orang yang "melek internet" mempunyai akun di situs jejaring sosial, seperti Friendster, Facebook, Plurk, Twitter, Fupei dan lainnya. Dalam situs ini kita biasa melakukan sharing dengan teman-teman: status, foto, catatan atau tautan (link).

Keinginan untuk berbagi dalam situs jejaring sosial terkadang terhalang oleh pembatasan yang dilakukan oleh penyedia layanan. Seperti pada Twitter yang membatasi "tweet" sebanyak 140 karakter. Bila tweet biasa, tidak jadi soal, namun bagaimana bila mau membagi tautan yang melebihi batasan karakter?

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa utilitas yang memungkinkan pengguna untuk memperpendek URL yang panjang, berbagi dan melacak penggunaan yang dihasilkan, seperti http://bit.ly, tinyURL.com, dan penyedia lokal keTKP.in.

Contoh, dengan menggunakan bit.ly, kita dapat mengaktifkan link ini
http://blogeqosim.blogspot.com/2010/04/tanda-tanda-kota-terkena-gagal-ginjal.html (81 karakter)
menjadi http://bit.ly/auabqi , sangat pendek, kan!

Hal ini memudahkan untuk menyertakan link dalam email atau twitter tanpa mengambil ruang yang banyak.

Saya sering mendapat kiriman link seperti ini dari grup yang saya ikuti di FB. Oh ya, URL blog ini bila diperpendek akan menjadi bit.ly/bJgKU3

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!