Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Perbedaan Opmin 5 dan Opera Mobile 10

Bagi saya browser paling bermanfaat adalah Opmin sedang kalau pakai desktop paling senang pakai pakai Firefox. Masalahnya, kalau pakai selain F2 tampilan blog ini jadi amburadul dan berantakan.
Namun dalam keseharian saya tak bisa lepas dari Opera Mini. Maksudnya, tak bisa lepas dari hape gitu. Dan postingan kali ini ingin membahas perbandingan antara Opera Mini 5 dengan Opera Mobile 10 sebagai sesama web browser untuk ponsel.

Sebagai produk dari Opera, Opera Mini 5 dan Opera Mobile 10 didasarkan pada teknologi inti yakni mesin browser Presto Opera (seperti Opera untuk desktop). Keduanya juga menggunakan users interface dengan cross platform yang sama.

Adapun perbedaan antara keduanya:
1. Sistem Operasi pada ponsel
Opera Mobile berjalan pada ponsel dengan sistem operasi Windows Mobile dan Symbian/S60 sedangkan Opmin bisa berjalan pada hampir semua ponsel
2. Letak Mesin Browser
Keduanya menggunakan mesin browser presto, untuk Opera Mobile sudah terinstall pada ponsel, sedang Opmin berada pada sebuah server
3. Mekanisme
Bila kita memasukkan alamat web pada Opera Mobile, halaman web langsung diambil dari web server ke ponsel kita. Sedang pada Opmin, klien mengirimkan permintaaan ke server Opmin yang mendownload halaman dari internet kemudian server men-transkode halaman sebelum meneruskannya ke klien dalam bahasa mark-up yang ringan, yang dirancang khusus untuk tujuan ini.
4. Tampilan
Opera Mobile menampilkan halaman web seperti pada desktop, sedang pada Opmin, halaman web yang sangat kompleks tidak bekerja secara optimal.
5. Loading
Opmin pada umumnya bekerja lebih cepat, mendownload konten lebih sedikit dan memerlukan sedikit CPU untuk merender halaman
6. Akses
Opmin tergantung pada jaringan seluler, sedang Opera Mobile, WiFi
7. Support Javascript
Opera Mobile mendukung Javascript tanpa reload sedang pada Opmin tidak (mesti reload)
8. Keamanan
Ada yang meragukan keamanan pada Opmin dikarenakan harus mengirim permintaan dulu ke web server bila hendak membuka halaman web sedang pada Opera Mobile, tidak. Jadi aman.
--------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Simple and user-friendly interface
http://mail.ovi.com

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!