Cara Membuat Blog

Memenuhi permintaan adik Rere tentang cara pembuatan blog. Sebagai prolog, blog merupakan akronim dari web+log yang berarti catatan web (log=catatan). Aktivitas ngeblog itu seperti kita membuat catatan biasa, hanya saja medianya memakai web bukan media konvensional: buku. Terserah mau dijadikan blog apa? Diary, kuliner, travelling, sastra, politik, album foto, atau promosi. Ada beberapa situs yang menyediakan pembuatan blog seperti wordpress, blogger, situs jejaring sosial seperti FB, FS, Multiply juga menyediakan fasilitas ini, bahkan portal berita seperti detik.com, republika, dan kompas juga ada.

Nah, untuk cara pembuatan blog ini saya ambilkan contoh blog dengan domain blogspot seperti blog ini blogeqosim.blogspot.com. Adapun langkah-langkahnya:
1. Anda harus memiliki akun email dari gmail, bila belum punya silahkan klik di sini   Mengapa harus Gmail? Gmail dan blogger sudah terintegrasi, karena sama-sama punya Google. Inc

2. Saya asumsikan Anda sudah punya akun Gmail. Selanjutnya buka situs blogger klik di sini  Tampilannya seperti ini


Klik tanda panah "CIPTAKAN BLOG ANDA"

3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini sebagai tempat untuk mendaftar blog kita
Silahkan isi form di atas"
a. Alamat email yang Anda masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.
b. Lengkapi data yang lainnya.
c. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. Oya, Anda sudah membacanya? Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan "lanjutkan"
Jika Anda berhasil, Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar di bawah. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar.

4.Setelah itu akan muncul tampilan untuk memilih "nama blog dan alamat URL"
        Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar di atas. Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda. Misalnya, nama: Rere's Blog atau apa begitu? Alamatnya: http://rere.blogspot.com
        Jika Anda membuat lensa dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, harus berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin menjual ebook saya, Anda bisa memilih kata kunci seperti motivasi, sukses, berpikir positif, dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.
       Anda bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang Anda pilih. Jika tersedia bisa Anda lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xyz, 123, dan bisa juga dengan menyisipkan nama Anda.
Lanjutkan dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.

5.  Berhasil? Tentu saja berhasil, memang mudah kan. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Langkah untuk memilih template atau tema dari blog kita

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya.Untuk Memilih tema Anda klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang saya tunjuk dengan panah merah buatan saya.
Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

6. Itu artinya, Kita sudah punya blog dan siap mempubikasikan pemikiran, foto, uneg-uneg, ke seluruh dunia tapi hati-hati jangan suka menyerang orang per person lho! Selanjutnya masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan eleman, dan penggantian tema jika Anda menginginkan tema yang lain. Ini untuk tingkat lanjut. Setidaknya, Anda sudah memiliki blog dan bisa posting. Hal ini sudah cukup untuk tahap awal.

Semoga Adik Rere sudah puas. Dan, kalau mau keluar, sama seperti FB, atau email jangan lupa klik "keluar". Oh ya! Tambahan: blog dengan domain blogspot termasuk gratisan, tapi kalau mengubah domain misalnya dari blogeqosim.blogspot.com menjadi qosimvirtual.net atau qosimvirtual.com itu baru membayar,  pakai kartu Visa kayaknya, membayar ke Google, caranya setelah masuk ke Blogger>Pengaturan>Publikasikan> Berpindah ke: •  Domain Ubahsuaian(Arahkan nama domain terdaftar milik Anda sendiri ke blog Anda)  . Kira-kira begitu.

Postingan terkait: 

  • Blogging via Email


  • Cara Membuat Blog Cara Membuat Blog Reviewed by Kosim Abina Aziyz on October 14, 2009 Rating: 5
    Powered by Blogger.