Pengalaman Buat KTP Nasional

Hari ini, saya dan istri mengurus pembuatan Kartu Keluarga dan KTP Nasional yang baru. Sebelumnya, orang-orang mengurus di kantor Kecamatan dengan membawa pengantar dari RT yang diketahui Kepala Kampung. Nah, sekarang untuk urusan begini ditangani oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat.

Sudah lama istri saya menyuruh membuat KK dan KTP, tapi saya malas. Bayangan saya, yah streotip PNS pada umumnya (Pentium 1, pemain ping pong, inefisiensi tenaga). Dan, ternyata tidak. Mereka yang bekerja di Disducapil cukup cekatan, ramah, tenaga efisien (biasanya satu pekerjaan dikerjakan oleh banyak orang), dan transparan (dulu biayanya terserah Bapak). Hanya saja, harus menunggu 1 minggu, KTP baru jadi. Mungkin karena keterbatasan alat yang tidak memadai untuk melayani sekian banyak penduduk.
Yang perlu dilakukan adalah sosialisasi di daerah yang jauh dari pusat kota. Jangan sampai mereka sampai sini, tapi tidak tahu apa yang mesti dilengkapi persyaratannya. Oke, salut untuk Disdukcapil.
-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Available in 15 languages
http://mail.ovi.com
Pengalaman Buat KTP Nasional Pengalaman Buat KTP Nasional Reviewed by Kosim Abina Aziyz on September 08, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.