Aplikasi Compass (virtual) untuk Ponsel

Malam ini saya naik kapal ke Samarinda. Menyusuri Mahakam, tentunya. Di kapal ketemu sama teman dari Balikpapan, salah seorang poller LSI -yg dianggap dekat sama SBY- yg bertugas di Kutai Barat.
Saya tak ingin membahas hasil polling. Hanya ingin berbagi cerita tentang manfaat aplikasi kompas pada ponsel yg saya daunlot 4 bulan yg lalu, yakni ketika saya akan mengerjakan shalat dan mencari tahu arah qiblat yg susah diketahui bila kita berada di atas kapal Mahakam.

Aplikasi ini saya dapatkan di situs m.getjar.com dengan nama "Compass". Caranya: setelah membuka m.getjar.com, sorot ke kolom search, ketikkan kata compass dan klik search. Beberapa aplikasi mungkin akan terlihat pilih saja compass. Habis itu siap untuk didaunlot.
Kelebihannya: kita bisa menentukan arah North atau South dengan melihat posisi bulan atau matahari, juga destinasi relijius (arah qiblat) yang terdiri dari 3 kota: Makkah, Bahji, dan Jerussalem. Bagi Muslim ya pilih Makkah yang ditampilkan dengan karakter D pada display. Untuk keperluan ini, Kita hanya perlu memasukkan koordinat kampung kita dengan mengeklik pilihan>location. Bisa diketahui pakai google dengan kata pencarian "koordinat kota samarinda", misalnya. Untuk lainnya yg perlu diperhatikan adalah tentang orientasi yaitu Pilihan>options pada screen faces pilih sky dan pada screen top points pilih North. Yang lebih penting lagi ponsel kita mendukung J2ME (Java to Mobile Edition). Dan, bila kita ingin tahu kiblat cukup pakai ponsel asal matahari atau bulan nongol di langit.
-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Easy setup in minutes
http://mail.ovi.com
Aplikasi Compass (virtual) untuk Ponsel Aplikasi Compass (virtual) untuk Ponsel Reviewed by Kosim Abina Aziyz on July 09, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.