Mengganti Template pada Blogspot

Bila membuat blog melalui blogger.com , maka template pertama yang dimiliki adalah standar 2 kolom. Tentu saja, lama-kelamaan akan bosan. Dan saya termasuk di dalamnya. Kalau gak salah template ini adalah yang kelima kalinya. Pertama, template standar 'rounder 4', lalu 'dark denim' dengan sedikit pengubahan pada elemen halaman, terus pakai 'free islamic template', keempat template 'grass' dan terakir ini 'blue butterfly'.

Pengalaman saya dalam mengubah template, tentu saja pakai Google dengan kata pencarian "free template for blogger". Baru kita cari template yang kita sukai. Setelah didownload, intinya adalah kita mencari tahu tentang kode XML. Kadang langsung diketahui kodenya melalui format .txt -yang terbuka pada aplikasi Notepad pada PC. Kalau yg ini enak, langsung saja di-"save as" dulu. Simpan di mana yg kita suka pada PC kita bisa di My Document, C:\, atau yang lain. Kesulitan terjadi jika template yg kita download berbentuk .zip. Kalau yang ini perlu kita buka, baru diextract pakai klik kanan sampai diketahui kodenya yg terbuka pakai aplikasi Notepad.

Sesudah itu, untuk mengganti template, buka akun kita di blogger.com, Dashoard>Tata Letak>Edit HTML, baru pada kotak, kita isi kode dengan membrowse kode di tempat mana kita simpan tadi (format .txt). Centang pada expand widget, lalu di-upload (unggah), baru kita klik 'simpan template'. Bila belum berhasil biasanya kita disuruh melakukan penghapusan widget sebelumnya dengan mengeklik simpan dan konfirmasi.

Oya, saya memilih template "blue butterfly" karena ingat lagu dolanan bhs. Jawa yang diajarkan Si Emak di kampung:
Kupu biru mabur ing kahyangan,
Ngisep madu ana kekembangan,
Kembang salak, kembang jagung,
Dioyak-oyak Den Bagus Kuncung

-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Simple and user-friendly interface
http://mail.ovi.com

Mengganti Template pada Blogspot Mengganti Template pada Blogspot Reviewed by Kosim Abina Aziyz on June 29, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.