Boros, Merusak Bumi!

Amerika Serikat dan Eropa (Barat) sedang mengalami krisis ekonomi. Penyebab utamanya karena orang amerika itu konsumtif di mana untuk menopang gaya hidupnya mereka menggunakan kartu kredit. Sehingga saat bank terpuruk, dampaknya ya seperti ini, banyak rumah2 di sita, dst. Sederhananya orang Amerika itu boros dan suka hutang. Gaya hidup seperti ini bisa menyebabkan bumi ini rusak.

Menurut Paul R. Ehrlich yg dikutip oleh koran New York Times, 4 Nov 1970, mengemukakan bahwa setiap orang Amerika, menurut perkiraan sekilas, mengakibatkan dampak negatif terhadap sistem penunjang kehidupan di bumi 50 kali lipat dibandingkan dengan dampak yg ditimbulkan oleh rata-rata orang India. Dari segi pengrusakan ekologi, pertambahan 75 juta penduduk Amerika dampaknya sama dengan pertambahan 3,7 milyar penduduk India.

Itu berarti, penduduk Amerika yg sebesar 298 juta jiwa (Juli 2006) menghabiskan SDA di Bumi yang setara dengan 14,7 miliar!!! penduduk India dalam menggunakan SDA (penduduk India sekarang berkisar 1 Miliar, penduduk dunia 6 miliar). Estimasi ini memakai standar tahun 1970. Sekarang mungkin lebih parah.
Jadi, kalau mau bumi ini berumur panjang jangan ikuti gaya AS, juga "bebek-bebek"nya, terutama dalam sistem ekonomi yg neo-liberal, sang fundamentalis pasar.
-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Easy setup in minutes
http://mail.ovi.com
Boros, Merusak Bumi! Boros, Merusak Bumi! Reviewed by Kosim Abina Aziyz on June 06, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.