Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Mekanisme Menyusui

Dalam setiap payudara terdapat 20 kantung yang memiliki sistem saluran tersendiri. Saluran utama bercabang menjadi saluran yang lebih kecil yang berakhir di kumpulan sel yang memproduksi susu yg disebut alveoli.
Saluran ini membesar menjadi tempat kecil yg menyimpan sedikit kandungan susu, yg kemudian menyatu di puting. Sel-sel otot mengelilingi alveoli.
Saat bayi mengisap, ujung saraf di puting terangsang dan menyampaikan pesan ke otak agar mengeluarkan 2 jenis hormon, yaitu prolaktin dan oksitosin.
Prolaktin merangsang alveoli membuat lebih banyak susu, sementara oksitosin memerintahkan sel otot di sekitar alveoli untuk berkontraksi. Kontraksi tsb memeras susu ke tempat penyimpanan agar bayi bisa mendapatkan susu.
SEMAKIN SERING BAYI MENGISAP SEMAKIN BANYAK SUSU DIPRODUKSI.

Postingan terkait:
  • 5 Fakta Menyusui

  • --------------------------------------------------------------
    Ovi Mail: Easy setup in minutes
    http://mail.ovi.com

    About the Author

    Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

    Posting Komentar

    Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
    ---Kosim Abina Aziyz
    Subhanallah!
    Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!