Kota Tenggarong, The Tourism City

Jembatan Kutai Kartanegara, Tenggarong

Pagi ini dalam perjalanan ke Melak, kapal yang kami tumpangi menyinggahi Tenggarong.
Tenggarong didirikan oleh Aji Muhammad Muslihuddin -yang dikenal dengan Aji Imbut- pada tanggal 28 September 1782. Saat Aji Imbut memindahkan "kutaraja" dari Pemarangan, tempat ini bernama Tepian Pandan yang lalu diubah namanya menjadi "Tangga Arung" yang berarti rumah raja dan dalam perkembangannya lebih populer dengan nama Tenggarong menjadi ibukota Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura yang sekarang menjadi Kabupaten Kukar.

Sebagai kecamatan, Tenggarong memiliki luas 398,1 km^2, penduduk 74.458 jiwa (2007), kepadatan 182,01 jiwa/km^2 dan 13 kelurahan yaitu Timbau, Sukarame, Rapak Lambur, Panji, Melayu, Mangkurawang, Maluhu, Loa Tebu, Loa Ipuh, Loa Ipuh Darat, Jahab, Bukit Biru dan Baru.

Tenggarong memposisikan diri sbg kota tujuan wisata di Kaltim, dengan beberapa objek wisatanya: Museum Mulawarman, Museum Kayu Tuah Himba, Kompleks Pulau Kumala, Planetarium, Jembatan Kukar dan Waduk Panji Sukarame. Yuk, Tamasya ke Kaltim 2009!

--------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Easy setup in minutes
http://mail.ovi.com
Kota Tenggarong, The Tourism City Kota Tenggarong, The Tourism City Reviewed by Kosim Abina Aziyz on May 11, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.